Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy j3

Samsung Galaxy J3 adalah salah satu produk usungan Samsung yang sukses menarik perhatian banyak pembeli di Indonesia. Namun, benarkah HP ini layak untuk dibeli? Berikut ulasan dan review beserta harga dan spesifikasi samsung galaxy j3 yang ditawarkan oleh produk Samsung Galaxy J3 tersebut.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy j3

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy j3

Desain

Dengan samsung J3 yang baru, ponsel Samsung yang paling murah sekalipun memiliki cashing logam. Ini menunjukkan kepada kita betapa filosofi desain Samsung telah berubah selama beberapa tahun terakhir. Belum lama ini ketika ponsel andalan Samsung hanya terbuat dari material plastik dari depan, belakang dan samping. Karena Galaxy J3 terbuat dari logam, banyak yang berpendapat bahwa itu terasa lebih premium daripada Galaxy S5.

Seperti yang bisa Anda tebak sekarang, bingkai dan bagian belakangnya terbuat dari logam. Bagian atas dan bawah sisi belakang J3 menggunakan karet untuk membantu penerimaan antena. Karena J3 dibangun seperti sama dengani J5 dan j7, ponsel ini terasa lebih baik daripada perangkat yang lebih mahal dari seri A. Layar 5 inci pada J3 membuat ponsel ini sedikit lebih besar dari Galaxy A3 yang menampilkan layar 4,7 inci.

Display

Samsung tidak memilih untuk memasang panel AMOLED di Galaxy ini. Sebaliknya, perusahaan memilih untuk menggunakan layar LCD HD (1280 x 720 piksel). Karena piksel di layar ini disusun dalam format RGB, ketajaman terlihat sedikit lebih baik dibandingkan layar AMOLED dengan pengaturan piksel PenTile Samsung. Layarnya bagus, tapi tidak lebih dari itu.

Tampilan ini tidak memiliki banyak kontras seperti saudara-saudara AMOLED-nya. Melihat sudut dan kecerahan cukup baik. Orang-orang yang belum memiliki ponsel dengan layar AMOLED akan cukup puas dengan tampilan ini, tetapi mungkin terasa seperti kerugian bagi siapa pun yang berpindah dari ponsel dengan layar AMOLED.

Kamera

Kamera di J3 melakukan semua yang dibutuhkan. Bisa untuk mengambil foto yang layak untuk media sosial, tetapi tidak akan memukau fotografer berpengalaman. Sensor 13-megapiksel di bagian belakang menangkap cukup detail tetapi menderita dalam kondisi cahaya rendah. Video memiliki resolusi maksimal Full HD dan terlihat cukup baik untuk perangkat yang murah.

Kamera selfie 5 megapiksel secara konsisten mengambil foto yang bagus, bahkan dalam kondisi dengan pencahayaan yang tidak terlalu ideal. Ini dimungkinkan karena ada lampu kilat LED di atas layar untuk mengambil foto narsis. Dan tidak, lampu kilat ini tidak menyilaukan seperti yang Anda bayangkan. Secara keseluruhan, J3 bukanlah ponsel yang seharusnya Anda beli karena kameranya. Tetapi jika Anda membelinya, Anda tahu kamera-kameranya mampu mengambil gambar sesekali.

Perangkat lunak

Samsung  J3 menggunakan Android 7.0 Nougat dengan versi 8.1 dari UI Pengalaman Samsung. Karena perangkat lunak ini sangat mirip dengan Galaxy S8, kami memiliki fitur seperti Folder Aman, Toko Tema untuk mengubah tampilan antarmuka, dan Pemeliharaan Perangkat untuk menjaga ponsel Anda tetap cepat dan bebas kekacauan. Bahkan ada radio FM lama yang baik, yang telah hilang dari flagships Samsung untuk waktu yang lama sekarang.

Antarmuka dan menu yang intuitif dan mudah dimengerti. Anda dapat memilih antara memiliki semua aplikasi di layar rumah Anda atau memiliki laci aplikasi khusus yang dapat diakses dengan menggesek layar awal. Di bawah menu Pemeliharaan Perangkat dalam pengaturan, Anda dapat membersihkan ponsel Anda dengan menghapus file yang tidak diperlukan. Pemindai malware McAfee diinstal di luar kotak untuk meningkatkan keamanan (fitur yang diperlukan mengingat ponsel anggaran Samsung tidak menerima pembaruan keamanan bulanan di sebagian besar pasar).

Menurut Samsung, J3 akan menerima pembaruan perangkat lunak hingga Juli 2019. Sulit untuk mengatakan apakah pembaruan tersebut akan terdiri dari peningkatan besar ke versi Android berikutnya atau peningkatan keamanan kecil. Namun demikian, menerima pembaruan untuk dua tahun mendatang adalah hal yang menyenangkan, meskipun telepon tidak akan ada di jadwal pembaruan bulanan.

Kinerja

Di bawah naungan J3 telah menggunakan prosesor quad-core Exynos 7570. Prosesor ini sangat hemat energi tetapi tidak cepat sama sekali. Ini membuat telepon bagus untuk panggilan, pesan teks dan tugas ringan lainnya. Karena memiliki RAM 2GB, penjelajahan web dengan beberapa tab dan beralih antar aplikasi menjadi mungkin, tetapi bukan pengalaman terbaik. Jika Anda suka bermain game atau tugas-tugas grafis yang intens lainnya, Anda harus menabung lebih banyak uang dan membeli telepon yang lebih mahal.

Baca juga tentang : Harga HP Samsung Galaxy J2 2018 Terbaru dan Spesifikasinya

Daya tahan baterai

Samsung Galaxy J3 memiliki daya tahan baterai yang sangat baik; ini sebagian karena perangkat sederhana, tentu saja. Baterai di dalam J3 memiliki kapasitas 2.400 mAh, yang cukup untuk bertahan sehari penuh dengan jenis perangkat keras yang dimiliki ponsel. Perhatikan bahwa LCD menggunakan lebih banyak baterai saat menonton film, sehingga masa pakai baterai saat streaming video atau YouTube tidak sebagus yang Anda harapkan.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy J3 adalah ponsel yang kuat dan terjangkau. Baik kualitas dan perangkat lunak build adalah perbaikan besar dari J3 tahun lalu. Produk ini terasa sangat premium dan menunjukkan betapa bagus Samsung dengan keahliannya. Harga yang dibandrol untuk Samsung galaxy J3 adalah kisaran Rp. 2.300.000,00.