Review Spesifikasi HP Samsung J7 Handphone Populer

Review Spesifikasi HP Samsung J7 Handphone Populer –  sebenarnya dirilis pada bulan Juni 2015. Samsung Galaxy J7 (2017) dilengkapi dengan build logam premium, seperti Galaxy J5 dan sama-sama menggunakan layar Super AMOLED besar.

Review Spesifikasi HP Samsung J7 Handphone Populer

Desain

Saat Anda melirih HP Samsung J7, Anda melihat bagaimana rasanya menggunakan smarphne premium. Bagian belakang memiliki desain unibody logam dengan garis antena simetris di sepanjang bagian atas dan bawah. Karena perangkat ini terbuat dari logam, tidak terlihat berminyak seperti telepon yang terbuat dari kaca. Samsung J7 adalah salah satu ponsel entry-level yang paling baik di pasaran. Karena bezel di sekitar layar Full HD 5,5 inci cukup tipis, ponsel ini sangat mudah dipegang. Tidak, perangkat ini tidak hadir dengan layar Infinity yang mewah.

Ada beberapa rincian lebih lanjut yang perlu Anda ketahui tentang desain ini. Pertama-tama, Anda tidak dapat melepas bagian belakang, artinya baterai tidak dapat diganti oleh pengguna. Volume rocker juga berkualitas tinggi, dengan umpan balik sentuhan yang bagus. Slot microSD juga disertakan, yang merupakan kebutuhan ketika Anda hanya memiliki 16GB penyimpanan di luar memori eksternal.

Display

Samsung Galaxy J7 memiliki layar Super AMOLED 5.5 inci, dengan resolusi 1920 × 1080 piksel. Ini berarti ponsel Anda memiliki kerapatan piksel 401 piksel per inci, menghasilkan layar yang cukup tajam bagi pengguna rata-rata. Tentu saja, tata letak subpiksel PenTile Samsung berarti bahwa layar ini tidak tampak setajam layar Full HD lainnya, tetapi saya tetap dengan kesimpulan saya bahwa layar ini cukup tajam untuk sebagian besar.

Warna terlihat sangat jelas, seperti pada sebagian besar layar Samsung. Layar Super AMOLED memberi ponsel ini kontras tanpa batas, dan secara keseluruhan, Anda mendapatkan panel yang hebat di ponsel ini. Kontras yang tak terbatas memungkinkan fitur seperti Always On. Sudut pandang juga cukup bagus, dan layar ini dapat dibaca di bawah sinar matahari langsung. Layar jelas merupakan alasan untuk membeli J7.

Kamera

Kamera adalah bagian pertama dari ulasan ini di mana banyak orang merasa perlu mengkritik J7. Varian J7 2017 membawa sensor yang sama dengan pendahulunya yaitu J5. Sayangnya, ini bukan hal yang baik. Dalam beberapa tahun terakhir, kamera ponsel menjadi hal yang sangat bagus. Dalam kondisi pencahayaan yang baik, Anda dapat mengambil beberapa gambar yang layak dengan kamera belakang 13 megapiksel. Secara keseluruhan, jangkauan dinamis kamera ini tidak begitu bagus, dan mode HDR terlalu lambat.

 

Kamera depan memiliki resolusi yang sama dengan kamera di belakang: 13 megapiksel. Ini juga memiliki lampu kilat LED, seperti kamera belakang. Hasilnya cukup bagus, bahkan jika selfie kurang detail untuk sensor 13 MP. Foto dengan lampu kilat LED terlihat bagus dan seimbang. Flash itu sendiri tidak menyilaukan seperti yang saya harapkan. Selfie memiliki beberapa noise, tetapi itulah yang diharapkan dari sebuah sensor kecil.

Baca Juga TentangHarga dan Spesifikasi Samsung J1 Ace

Dengan Galaxy J7, Anda dapat merekam video dalam Full HD. Karena stabilisasi digital, video tidak terlihat goyang. Karena itu, kurangnya OIS masih terlihat. Dalam situasi gelap, video terlihat cukup goyah, bahkan dengan adanya stabilisasi digital.

Perangkat lunak

Samsung Galaxy J7 telah hadir dengan Android Nougat. Untuk menjadikan masalah lebih baik, versi yang sama dari Experience UX seperti pada Galaxy S8 juga diinstal  ini adalah versi 8.1. Ini menghasilkan ponsel memiliki fitur-fitur keren seperti toko tema untuk mengubah tampilan perangkat lunak Anda. Fitur lain seperti Secure Folder, Samsung Pass, dan Filter cahaya Biru untuk penggunaan malam hari juga sangat berguna.

Salah satu fitur terbaik yang dimasukkan Samsung dalam iterasi ini adalah Always On Display (AOD). Ini berarti telepon Anda menampilkan jam dan pesan terakhir Anda saat Anda meletakkan ponsel di atas meja. Karena layar Super AMOLED, menggunakan AOD hanya membutuhkan beberapa persen dari masa pakai baterai Anda.

Kinerja

Perangkat ini menggunakan prosesor Exynos 7870 octa-core yang dikombinasikan dengan RAM 3GB. Singkatnya, prosesor ini tidak cukup kuat. Ada alasan mengapa 7870 chipset digunakan pada ponsel dengan layar 720p; Layar Full HD di J7 terlalu sedikit. Saat bermain game, framerate turun dengan sangat cepat. Berkat RAM 3GB, browsing dengan beberapa tab terbuka sangat lancar. Hal yang sama dapat dikatakan tentang beralih antara aplikasi yang baru-baru ini digunakan.

Kualitas audio

Kualitas suara yang dihasilkan oleh ponsel ini cukup seimbang, tetapi kurang dalam frekuensi rendah. Ini diharapkan karena menghasilkan bass membutuhkan speaker yang lebih besar, atau speaker ganda yang belum ditawarkan Samsung di segmen ini.

Daya tahan baterai

Salah satu alasan utama untuk membeli Galaxy J7 adalah masa pakai baterai. Kombinasi perangkat keras sederhana dan baterai besar 3,600 mAh menghasilkan dua hari masa pakai baterai, dan pengguna daya harus dapat menggunakan telepon selama sehari penuh. Saya merasa seperti baterai yang tak tergantikan bukanlah masalah karena baterai ponsel ini memiliki daya tahan yang sangat baik.

Pembaca sidik jari, fitur lainnya

Segmen terakhir dari ulasan ini adalah tentang pemindai sidik jari dan fitur-fitur penting lainnya. Tahun ini adalah pertama kalinya Samsung menerapkan pemindai sidik jari dalam seri J. Pemindai terletak di tombol home dan dapat digunakan untuk membuka kunci perangkat, buka Folder dan masuk ke situs web di browser Samsung. Harga yang ditawarkan mulaidari Rp. 4.200.000,00.